Selasa, 04 Oktober 2011

RENCANA KINERJA KERJA DINAS KESEHATAN TAHUN 2010

Perencanaan kinerja merupakan proses penetapan kinerja tahunan dan indikator kinerja berdasarkan sasaran, kebijakan, program, kegiatan dan indikator kinerja yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategi.
Adapun rencana kinerja pada tahun 2010 pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus adalah sebagai berikut :
1.   Program Pengembangan Lingkungan Sehat, dilakukan dengan kegiatan:
a.   Pengkajian pengembangan lingkungan sehat
b.  Penyuluhan menciptakan lingkungan sehat
c.  Sosialisasi kebijakan lingkungan sehat
d.  Monitoring, evaluasi dan pelaporan
e.  Peningkatan sanitasi dasar masyarakat
2.   Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, dilakukan dengan kegiatan:
a.  Pengembangan Media Promosi dan Informasi Sadar Hidup Sehat
b. Penyuluhan Masyarakat  Pola Hidup Sehat
c.  Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan
d. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemeliharaan Kesehatan
3.   Program Obat dan Perbekalan Kesehatan, dengan kegiatan :
a.  Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan
b. Peningkatan Pemeratan Obat dan Perbekalan Kesehatan
c.  Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan
4.   Program Upaya Kesehatan Masyarakat, dilakukan dengan kegiatan :
a.  Pelayanan  Kesehatan Penduduk Miskin Di Puskesmas  Jaringannya
b.  Pemeliharaan dan Pemulihan Kesehatan
c.  Pengadaan, peningkatan dan Perbaikan Sarana Prasarana Puskesmas . Puskesmas Pembantu dan Jaringannya
d. Peningkatan Kesehatan Masyarakat
e.  Penyediaan Biaya Operasional dan Pemeliharaan
f.   Pelayanan Kesehatan Gratis di Puskesmas dan Jaringannya
5. Program Pengadaan, Peningkatan dan Perbaikan Sarana Prasarana Puskesmas / Puskesmas Pembantu dan jaringannya, dengan kegiatan :  
a.  Pemeliharaan rutin/ berkala sarana dan prasarana puskesmas pembantu
6.     Program Standarisasi Pelayanan Kesehatan,  dengan  kegiatan :
a.  Penyusunan Standar Kesehatan
b.  Evaluasi dan Pengembangan Standar Pelayanan Kesehatan
c.  Pembangunan dan Pemutakhiran Data Dasar Standar Pelayanan Kesehatan
7.   Program Peningkatan sarana dan Prasarana Aparatur, dengan kegiatan :
a.   Pengadaan meubelair
b.  Pengadaan Sewa Tanah / Tempat/ Gedung
c.   Pemeliharaan Rutin/ Berkala Gedung Kantor
d.  Pemeliharaan Rutin/ Berkala Kendaraan Dinas / Operasional
e.  Pemeliharaan Rutin/ Berkala Mebelair
8.   Program Pelayanan Administrasi Perkantoran, dengan kegiatan :
a.   Penyediaan jasa surat menyurat
b.  Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik
c.   Penyediaan jasa peralatan dan perlengkapan kantor
d.  Penyediaan jasa pemeliharaan dan perijinan kendaraan dinas/operasional
e.   Penyediaan jasa administrasi keuangan
f.    Penyediaan jasa kebersihan kantor
g.  Penyediaan alat tulis kantor
h.  Penyediaan barang cetakan dan penggandaan
i.    Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor
j.    Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor
k.  Penyediaan peralatan rumah tangga
l.    Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang – undangan
m   Penyediaan bahan logistik kantor
n.  Penyediaan makanan dan minuman
o.  Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah
9.   Program Peningkatan kapasitas sumber daya aparatur
a.    Pendidikan dan Pelatihan formal
10.    Program Perbaikan Gizi Masyarakat, dengan kegiatan :
a.   Penyusunan peta informasi masyarakat kurang gizi
b.   Pemberian tambahan makanan dan vitamin
c.    Penanggulangan KEP, AGB, GAKY, KVA dan kekuranan zat gizi mikro lainnya
d.   Pemberdayaan masyarakat untuk pencapaina kadarzi
e.    Penaggulangan gizi lebih
f.     Monitoring, evaluasi, dan pelaporan
11.    Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular, dengan kegiatan :
a.   Penyemprotan/fogging sarang nyamuk.
b.    Pengadaan alat fogging dan bahan fogging
c.     Pelayanan vaksinasi bagi balita dan anak sekolah
d.    Pelayanan pencegahan dan penanggulangan penyakit menular
e.     Pencegahan penularan penyakit endemik/epidemik
f.      Peningkatan imunisasi
g.    Peningkatan surveilans epidemiologi dan penanggulangan wabah
h.     Monitoring,evaluasi dan pelaporan
12.     Program Peningkatan Pelayanan Kesehatan Anak balita, dengan kegiatan :
a.      Penyuluhan kesehatan anak balita
b.     Pelatihan dan Pendidikan perawatan anak balita
c.      Monitoring, evaluasi dan pelaporan
13.    Program  Peningkatan keselamatan ibu melahirkan dan anak, dengan kegiatan :
a.    Pengembangan Poliklinik Kesehatan Desa
b.   Peningkatan Kompetensi Petugas Penolong Persalinan
c.    Monitoring, Evaluasi, Pelaporan
14.    Program peningkatan pelayanan kesehatan lansia , dengan kegiatan :
a.    Pelayanan pemeliharaan Kesehatan
b.    Monitoring, evaluasi dan pelaporan
15.    Program pengawasan dan pengendalian Kesehatan makanan, dengan kegiatan :
a.  Pengawasan dan pengendaliaan keamanan dan kesehatan makanan dan kesehatan hasil produksi rumah tangga
16.    Program Kemitraan Peningkatan Pelayanan Kesehatan
a.  Kemitraan Asuransi Kesehatan Masyarakat

Tidak ada komentar: